Selasa, 25 Oktober 2011

Tip Ringan Breed Kenari Pemula


Tip Ringan Breed Kenari Pemula

nelorHalo… salam hangat kicau mania kusus nya kenari mania….. saya akan membagi pengalaman saya seputar beternak kenari untuk pemula (karena  saya sendiri juga pemula) ,beradasarkan pemgalaman saya…
Pertama2 kita sebagai pemula harus tau tujuan utama kita dalam beternak kenari tersebut,supaya akhir dari tujuan tersebut tidak rancau…. yg saya maksud adalah kita beternak kenari untuk:
1. body
2. warna
3. suara
4. atau perpaduan antara ke tiganya body,suara dan warna..
Setelah kita tahu tujuan kita..maka kita mencari bibit/indukan yg akan kita maksud…(pengalaman saya tentang suara dan body,warna saya tidak) maka saya berbagi tips tentang suara dan body…
karena saya maen tentang suara dan body saya mencari indukan yg kira2 mempunyai suara keras dan untuk body saya mencari body yg bagus…. untuk suara menurut saya ada YS,Landcaster,norwich,dan border untuk suara yg keras (mungkin ada yg laen bisa di tambahkan)…itu untuk pejantannya…. sedang untuk betinanya itu yg menjadi kendala saya sebagai bread..karena untuk mencari betina `cetak` sangat susah…. yg di maksud `cetak` disini adalah betina yg bisa menurunkan seperti yg kita mau..mis warna betina tsb bisa mencetak warna2 dari pejantan atau betina tsb,untuk cetak body juga begitu,begitu pula untuk mencetak suara…..sedang kan kita tidak bisa mengetahui apakah betina itu cetak atau tidak….karena belum tentu betina dengan warna, body, atau trah suara yg bagus mau menurunkan seperti itu…. saya solusinya,apabila kita serius dan mencetak kwalitas bukan kwantitas kita harus rela korban mencari banyak betina….(saya habis 50ekoran betina dan hanya mendapat 1 yg saya inginkan)… Karena kalau kita menilik dari MIS; trah suara bagus kemungkinan besar kita akan mendapat anakan dengan kwalitas suara bagus..tapi itu belum pasti karena…sebagai contoh seorang pria denagn seorang wanita dengan suara yg bagus menikah apakah ada yg bisa menjamin bahwa besok anaknya pasti akan bersuara bagus….untuk body pun begitu…warna juga begitu….
sexing 
Nah menurut saya untuk betina bagi peternak pemula adalah yg harus dicari nomer 1 yaitu betina yg bisa :
1. mengerami telur dengan baik
2. mau meloloh anaknya dengan baik
3. dan apabila bertelur telur tersebut tidak sirr/ tidak di buahi
setelah mendapat betina tersebut kita tunggu hasil nya…apabila tidak seperti yg kita harapkan ganti dengan pejantan yg lain…apabila tetap begitu,,bagi saya itu bukan betina cetak… memang dalam beternak seperti yg saya alami tersebut butuh keuletan, ketelatenan, karena saya mencari seperti yg kita mau bukan asal beternak.
Dan dalam mencari betina seperti itu belum tentu diantara peternak mau melepas betina `cetak` tersebut… sedangkan untuk kita beli anakan betina adakah peternak yg bisa menjamin kalau itu besok bakal bisa menurun kan bagus….seperti contoh di TK (taman kanak-kanak) terdapat 40orang siswa,coba tanyakan kepada siapapun bisa tidak menjawab besok yg akan menjadi dokter siapa yg akan menjadi preman siapa yg akan mendaji sopir siapa…
male canaryHanya sebagai patokan untuk mencari betina adalah selera kita sebagai pembeli dan penjual akan menuntun kita baiknya yg mana….cuman kita hars punya patokan dulu…
patokan saya untuk indukan adalah :
Jantan:1. tubuh/body seperti wortel dan propsional
2. mempunyai pen yg besar
3. mempunyai vol yg keras dan panjang
4. berbulu tipis
5. tidak cacat
6. apabila di lihat seperti ada punuk nya
Betina:
female canary1. tubuh/body yg proposional
2. mempunyai trah/keturunan yg jelas
3. berbulu tipis
4. tidak cacat
5. jng ke gemukan
6. apabila mau bunyi pilih lah yg ber vol keras
untuk betina kebanyakan apabila betina itu mempunyai body yg besar,akan lebih susah mengerami dan meloloh anak nya (bukan berarti tidak ada betina dengan ukuran besar yg bagus).
Nah itu semua pengalaman saya dalam beternak kenari….sebagian besar praktek2 saya di bantu dan di bimbing oleh guru kenari saya OM KIAN SING dari yogyakarta. dan di tulisan ini saya mengucapkan banyak terimakasih kepada OM KIAN SING yg sudah banyak memberikan bimbingan beternak dan memilih kenari yg benar…serta untuk perawatan obat2 an saya di bimbing oleh dr.budi dari kalasan
Apabila tulisan saya di atas ada banyak kekurangan saya mohon maaf.karena sekali lagi saya hanya pemula..dan ingin berbagi ilmu kepada sesama kicau mania kusus nya  kenari mania…dan dalam hal tulis menulis saya juga masih awam.
sekian dan terima kasih…semoga bermanfaat bagi kita semua…. apabila masih banyak kekurangan mohon untuk di tambahkan ,sehingga saya bisa lebih tau dan menambah pengalaman saya lagi.
R.Aris-Bumen BC
http://www.kicaumania.org 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar