TERIMA KASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA - HOBIS KENARI MANIA BANDUNG

Kamis, 13 Oktober 2011

Sukses Beternak Burung Kenari

Sukses beternak burung kenari
Burung kenari merupakan bukan burung asli dari Indonesia, namun berasal dari pulau Canary. suses beternak burung kenari banyak di kembangkan di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Burung kenari dari hollan dam tailan biasanya paling banyak masuk di Indonesia. kenari Holland , Taiwan , American Singer dan lainnya bukanlah burung asli dari negara tersebut.burung yang berasal dari Negara ini adalah hasil dari breiding di Negara Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa ternak kenari itu mudah dan kalau misalkan orang itu bersungguh-sungguh maka hasilnya akan maksimal, memuaskan di pasar, suses beternak memang mudah bagi yang sudah terbiasa. Bagi pemula tentu semuanya harus di pelajari dengan seksama.karena tidak jarang orang yang beternak kenari mengalami beberapa kendala.usia kenari, jenis kelamin, sarana penunjang ternak dan ilmu tentang ternak hal-hal tersebut adalah yang harus diperhatikan pada saat beternak burung kenari.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat peternak iningin sukses beternak, apa bila peternak tersebut pada ujungnya akan sukses beternak dan berhasil. Antaralain :
1. Selalu menjaga kebersihan kandang
Hal ini yang harus diperhatikan pada saat sukses beternak burung kenari karena kalau kebersihan terjaga maka hasil peternakan akan berbuah hasil yang baik dan laku di pasaran internasional. Tetapi ternak apa saja harus memperhatikan kebersihan sarang atau kandang. Salah satu sukses beternak kenari adalah kebersihan. Kebersihan sarang, pakan, wadah pakan tempat minum dll semua harus di bersihkan setiap hari.
2. Pakan yang sesuai dan cukup
Burung kenari yang biasanya orang memberi makan burung kenarii yaitu dengan member makan suplemen karena makanan ini cocok dan bagus. Suplemen biasanya berfungsi sebagai penunjang stamina dan fitalitas burung.dan jangan lupa perhatikan pula kadar zat yang terkandung dalam suplemen tersebut. Ada suplemen yang khusus untuk merangsang suara, meningkatkan produktifitas telur, manjaga burung agar tidak setress dll. Dan ada banyak suplemen banyak fungsinya.sukses beternak
3. Ukuran Kandang tidak boleh terlalu sempit
Buat ukuran kandang yang sesuai dengan ukuran burung kenari. Apabila semakin besar burung kenari maka semakin membutuhkan kandang yang luas maka akan bagus perkembangbiaknya bueung kenari. Ada juga kandang burung kenari untuk betina buat yang sedang. Tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil maka hasilnya akan memuaskan.
4. Kenyamanan burung kenari
Ciptakan kenyamanan untuk kandang kenari. Misalnya apa bila musim panas burung kenari tidak boleh lama terkena panas matahari karena akan merusak bagian bulu dan apabila pada saat musim hujan atau dingin maka burung harus di tutuoi karena akan menyebabkan burung tersebut akan fatal akibatnya.keadaan harus tidak terlalu ribut (baik suara maupun aktivitas bergerak lainnya,bersih dan aman dari gangguan hewan berbahaya lain seperti tikus, tokek, anjing, kucing, dll.
Dibawah ini adalah Burung Kenari Yang Biasa Di Kenali Di Indonesia.
· Burung Kenari Holland
BerdasarkanIstilah kenari Holland hanya dikenal di Indonesia, disebut demikian karena burung kenari ini langsung dimpor Belanda dan popular di Indonesia dengan istilah Kenari Holland. suses beternak dikalangan penghobi kenari Holland merupakan jenis kenari andalan setelah di kawin silangan dengan kenari Yorkshir (Inggris) atau dengan Lizard (Jerman) karena keturunannya memiliki bentuk postur yang ideal, warna yang beragam, variasi ketebalan dan volume suara tajam/keras yang bisa diandalkan dalam lomba-lomba.
· Burung Kenari Malang
Kondisi alam yang tepat membuat Malang berhasil menangkarkan kenari Holland secara masal. Menjamurnya peternakan kenari di Malang membuat harga burung kenari hasil ternakan malang menjadi sangat murah dipasaran.Patut disayangkan, guna menekan harga yang murah dengan perawatan dan gizi makanan yang minim sehingga berdampak pada kualitas hasil penangkaran kenari Holland Malang menjadi kurang baik dan rentan terhadap penyakit. Namun demikian patut diacungkan jempol, hasil penangkaran masal kenari malang ini sudah merambah dan meramaikan pasar-pasar burung di Indonesia walaupun bukan strain baru tetapi para penghobi menamainya dengan Istilah Kenari Malang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Loading...