Minggu, 03 Februari 2013

Ingin Mencoba Jadi Peternak Kenari?...(Part 3 : Perjalanan Ternak Kenari)



Catatan dari Pengalaman Pribadi….


Dalam tulisan kali ini saya mencoba untuk mereview kisah perjalanan dan lika-liku plus suka duka dari awal sampai dengan sekarang ( Januari 2013)……Dalam Mencoba Beternak Kenari….awalnya sich dari sang tetangga yang hobby pelihara burung…Beliau adalah seorang Pengajar di salah satu SDN di sekitar Kebon Kelapa…waktu itu nama burungnya ga tau persis…setelah tanya-tanya baru ada sedikit pencerahan dari beliau…diantara burung peliharaannya adalah Kerak, Love Bird, Anis, Wambi dan 2 ekor burung terkecil yang suaranya bener-bener bikin terpana/terpukau/terpesona dll…tak lain “ Sang Kenari “….dan warnannya satu orange dan satu lagi bon kuning ….suaranya yang khas dan …apalagi kalau sudah ngerollll….wuih !!!, tapi setelah dikasih tau harganya…baru mata melotot rada membelalak yaa pokonya gitulah….saking kagetnya….soalnya “ciyus” ( maaf pake bahasa anak gaul ) bener-bener ga nyangka burung cuma segede gitu!….trus kalo disate paling 2-3 tusuk hehehe…ya ampun !!.. my god !! dan lain sebagainya…..silahkan anda tafsirkan sendiri…

Catatan kaki yg kelewat : “ Cerita dukanya, saya rasa hampir setiap orang yang pernah/memiliki burung peliharaan baik yagng ternak maupun hobis…pernah merasakan burungnya kabur/melarikan diri akibat lupa tutup sangkar dll, dan juga pernah mengalami burung kita Game Over/mati…klo mati sich masih mending masih keliatan batang hidungnya, nah klo yang kabur apalagi itu burung kesayangan dan untuk pembibitan rasanya sangat sangat disayangkan sekali….pernah saya umpatin burung…dasar geblek, ga tau diuntung udah diurusin eh malah mangprett…. Tapi kalau si burung bisa ngomong sich mungkin ini jawabannya “ EGP “ alias emang gue pikirin …..”

Saking penasaran….besoknya dengan semangat mengebu-gebu ….akhirnya mulai  searching di internet…klak klik sana sini akhirnya ketemulah dengan puluhan bahkan mungkin ada ratusan Jenis Kenari-Kenari di seantaro jagad raya ini….dan harganya ….!!! Bukan lagi ratusan ribu rupiah bahkan ternyata sudah mencapai angka di puluhan juta rupiah…dari kenari lokal hingga kenari import…busyettt !!!. Baru kemudian nyari-nyari harga burung yang sesuai isi dompet hehhe….mudah-mudahan bisa dapat harga yang terjangkau…trus kenari sudah gacor tentunya…sampai kurang lebih seminggu akhirnya dapat juga…senengnya bro…!!!. biasa ke orang rumah harga belinya diselewengkan biar ga ribet hehehe (weleh-weleh boong dikit, tapi jangan ditiru). Nah ini, baru dapat satu akhirnya jadi dua…..dan akhirnya karena harga kenari semakin tinggi jadi kepikiran…ingin ternak kenari …..dengan begitu selain hobis, dan juga mudah-mudahan kalau ternak bisa menghasilkan “ sesuatu “ hobis dijadikan peluang usaha….i hope so !.

Pepatah mengatakan “ kalau sudah basah, ya sekalian mandi…” akhirnya mulailah mengumpulkan informasi dan mengunjungi beberapa peternak kenari yang ada di Bandung dan sekitarnya…dengan berbekal “pencerahan dari para peternak tentang cara dan bagaimana beternak kenari“ dengan membaca Bismilah saya mulai Beternak Kenari dengan membeli dua pasang kenari yang siap kawin…Alhamdulilah…walaupun belum maksimal tapi mulai menampakan hasil yaitu dimulainya dengan sang induk bertelur sampai akhirnya menetas…tas…tas….dan dengan menghitung hari demi hari, minggu ke minggu tak terasa waktu semakin cepat berlalu…tapi dari sepasang indukan itu akhirnya bisa mendapatkan hasil dari menjual anakan kenari. Katanya kesuksesan/keberhasilan seorang peternak itu adalah sampai ke titik dimana kita bisa menjual hasil produksi sendiri….dan ukuran sukses itu sangat relatif tergantung dari ukuran besar kecilnya…tapi kebahagiaan yang paling hakiki adalah bukan soal berapa jumlah yang anda dapatkan ( uang ) tapi ketika anda sudah disekitar kandang tentu dengan diantara burung  kesayangan kita, maka rasanya hilang semua beban yang ada (sementara sich)…teman saya bilang lupa kalo lagi punya utang hehehe.

Ada satu hal yang paling penting yang ingin saya sampaikan kepada anda, yaitu kalau anda sudah memutuskan ingin menjadi peternak kenari….maka rada wajib hukumnya untuk melibatkan keluarga anda, terutama istri / anak anda, supaya tidak terjadi perang dunia ketiga…bisa berabe kalau orang rumah tidak setuju …tapi harus diingatkan kalau tujuan kita beternak kenari sangatlah mulia untuk menghasilkan “ sesuatu “ alias tidak melulu ngabisin duit karena ngagugulu hobi…hehe. Satu hal lagi yang perlu saya ingatkan kepada rekans sekalian yaitu ajarkan cara/bagaimana ngurusin peliharaan kita ke istri/anak anda yang paling sederhana yaitu cara ganti pakan/air, siapa tau ntar kita dapat Tugas/Dinas ke luar kota, yah sebagai Karyawan tentunya kita juga harus memberikan kontribusi yang maksimal…jadi emang wajib/harus mendahulukan kepentingan Perusahaan…tull gak?...dan kalaupun kita dapat tugas/dinas luar ga terlalu galau…so nyantai aja, dirumah sudah ada yang nge back up…urusan jadi lancar…( yah … mudah-mudahan sech Dinas Luar / SPJ nya ga pake lama !!….amin ).

Ada hal menarik yang ingin saya sampaikan kepada rekans, tentang 2 orang tamu yang datang ke rumah saya yang satu anak SMU dan satu lagi anak Mahasiswa Perguruan Tinggi di sekitar Cibiru Bandung, kedua anak ini ingin jadi peternak kenari pemula yang ingin mendapatkan pencerahan….dan setelah ngobrol sana sini saya kasih training/pelatihan  kilat singkat padat   akhirnya membeli  kenari bakalan/bahan dan … pamit pulang. Setelah kedua anak itu pulang….saya tercenung rada mengkerut dan sedikit rada tercengang….karena kedua anak ini sebelum datang ke rumah saya itu, ternyata sudah mempunyai/mempersiapkan kandang ternak kenari…jumlahnya ga tanggung-tanggung 50 kandang/box….busyet  !!! saya saja baru ada sekitar 30 kandang/box….kayanya mau nyalip nich hehhe…tujuan mereka berdua sejujurnya ingin mencari penghasilan untuk biaya sekolah/pendidikan mereka suatu saat nanti…good job !!! Saya hanya ingin mengatakan dan memberi mereka ucapan “SALUT !!!” dan angkat topi plus dua jari jempol kiri-kanan…Hebat !!! masih muda tapi cara berpikir mereka sudah Cerdas dan Dewasa…( hari gini emang harus =Smart, Innovative & Produktip ) sekali lagi salut untuk kalian….Dan yang paling membuat saya terharu dan merasa sangat bangga ( maaf tidak bermaksud nyombong ) adalah mereka berdua terinspirasi oleh tulisan saya di blog ini….alhamdulilah walaupun langkah kecil yang saya kerjakan tapi membuat rekans atau siapapun bisa  TER " INSPIRASI "……!!!

Salam Kicau Kenari Mania

Tidak ada komentar:

Posting Komentar